Pengertian,Notasi, dan Level dalam DFD (Data Flow Diagram)



Pengertian DFD

Bagi anda yang tidak tau apa itu DFD, DFD( Data Flow Diagram ) adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk mengambarkan arus dari data pada suatu sistem yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, terstruktur, dan jelas. DFD dibuat oleh para analis untuk membuat sebuah sistem yang baik. Dimana DFD ini nantinya diberikan kepada para programmer untuk melakukan proses coding. Dimana para programmer melakukan sebuah coding sesuai dengan DFD yang dibuat oleh para analis sebelumnya. DFD sangat mirip dengan Flowchart

Notasi-notasi didalam DFD

Notasi DFD memiliki dua pendapat, yaitu menurut Gane/Sarson dan Yourdon/De marco. Akan tetapi notasi DFD yang banyak digunakanadalah notasi yang dikemukakan oleh Yourdan/Demarco

Hasil gambar untuk notasi dfd
Level pada DFD

Didalam DFD terdapat 3 level, yaitu :


  1. Diagram Konteks

menggambarkan satu lingkaran besar yang dapat mewakili seluruh proses yang terdapat didalam suatu sistem. Merupakan tingkatan tertinggi dalam DFD dan biasanya diberi nomor 0 (nol). Semua entitas eksternal yang ditunjukkan pada diagram konteks berikut aliran-aliran data utama menuju dan dari sistem. Diagram ini sama sekali tidak memuat penyimpanan data dan tampak sederhana untuk diciptakan.

      2. Diagram Level 1

merupakan satu lingkaran besar yang mewakili lingkaran-lingkaran kecil yang ada didalamnya. Merupakan pemecahan dari diagram Konteks ke diagram Nol. Di dalam diagram ini memuat penyimpanan data.

      3. Diagram Rinci

merupakan diagram yang menguraikan proses apa yang ada dalam diagram nol

Fungsi DFD


  • Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi.



  • DFD ini adalah salah satu alat pembuatan model yang sering digunakan, khususnya bila fungsi-fungsi sistem merupakan bagian yang lebih penting dan kompleks dari pada data yang dimanipulasi oleh sistem. Dengan kata lain, DFD adalah alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem.



  • DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program.
Baiklah itu saja pembahasan saya kali ini, semoga bermanfaat!
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment