Mengenal Sistem Basis Data (SQL)


Pada kali ini saya akan membahas tentang sistem basis data SQL . Jika anda ingin membuat sebuah database,  tahap pertama adalah mengenal bahasa SQL. Bagi anda yang bertanya-tanya, apakah SQL itu? Simak penjelasan berikut ini 






SQL adalah suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakeses data didalam sebuah database relasional. SQL juga sering disebut dengan istilah query, dan bahasa SQL secara praktiknya digunakan sebagai bahasa standar untuk manajemen database relasional.

MySQL (My Structure Query Language) adalah salah satu database dari sekian banyak database lain seperti Oracle, MS SQL, PostgresSQL dan banyak lagi. Kesemuanya itu mempunyai fungsi dan manfaat yang hampir sama, namun dalam pengerjaan nya sedikit berbeda. Tetapi MySQL adalah penggunaan yang paling mudah
MySQL menggunakan bahasa SQL dan dapat dikatakan sebagai (Database Manajemen System yg merupakan salah satu system dalam mengakses database yang menggunakan bahasa SQL) MySQL  termasuk kedalam software open source. Yang artinya open source adalah memungkinkan semua orang untuk menggunakan dan memodifikasi software. Setiap orang dapat men-download MySQL dari internet dan menggunakannya tanpa membayar apapun. Jika mau, anda bisa mempelajari kode sumber dan menukar apa yang anda inginkan.

Database MySQL sangat cepat, reliable, dan mudah untuk digunakan, selain itu MySQL telah banyak menangani pembuatan software besar.

Dalam SQL terdapat perintah-perintah yang berguna untuk mengakses dan memanajemen data yang terdapat dalam database.
Secara umum bahasa SQL dibagi menjadi tiga bagian :  

1.       *DDL (Data Definition Language) adalah sub perintah dari bahasa SQL yang digunakan untuk membangun objek-objek dalam database, seperti tabel.

Perintah dalam DDL :

Create  : perintah ini digunakan untuk membuat, seperti membuat database dan table.
Alter     : perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat sebelumnya.   
                Mencakup mengubah nama tabel, mengubah, menambah dan menghapus kolom dan
                memberikan atribut pada kolom
Drop     : perintah ini digunakan untuk menghapus suatu databases atau menghapus tabel
               
2.       *DML (Data Manipulation Language) adalah sub perintah dari bahasa SQL yang digunakan untuk memanipulasi data dalam database yang telah dibuat.

Perintah dalam DML :

Insert    : perintah ini digunakan untuk memasukkan data baru kedalam sebuah tabel.
Select    : perintah ini digunakan untuk mengambil dan menampilkan data dari tabel atau dari               beberapa tabel dengan penggunaan relasi
Update  : perintah ini digunakan untuk memperbaharui data pada sebuah tabel
Delete   : perintah ini digunakan untuk menghapus data dari sebuah tabel

3.      * DCL (Data Control Language) adalah sub bahasa SQL yang berfungsi untuk melakukan pengontrolan data dan server databasenya, serta memanipulasi user dan hak akses. Digunakan untuk menangani masalah keamanan dalam database server

Perintah dalam DCL :

Grant    : perintah ini digunakan untuk memberikan hak akses oleh admin kesalah satu user atau pengguna.
Revoke : perintah ini digunakan untuk mencabut hak akses yang telah diberikan kepada user.

Ketiga sub perintah diatas sangat perlu dipahami bagi anda yang ingin menguasai bahasa SQL dan mahir dalam pembuatan database. Perintah-perintah tersebut bisa digunakan setelah suatu database di aktifkan.

Demikianlah ulasan yang saya buat mengenai pengenalan SQL, semoga anda bisa memahami apa yang dimaksud dan mahir dalam pembuatan suatu database, Semoga bermanfaat!


Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment