Pengertian dan Fungsi CSS




Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian CSS dan Fungsi dari CSS. Sebelum ada ingin mengetahui tentang CSS sebaiknya anda memahami terlebih dahulu mengenai HTML. 
Langsung saja, simak artikel tentang Pengertian dan Fungsi CSS berikut ini:


Hasil gambar untuk pengertian css


Pengertian CSS

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) bukan merupakan bahasa pemrograman, yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup language) 

Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.

CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. 

Tujuan utama CSS diciptakan untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan ataupun pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam desain web diantaranya adalah warna, ukura dan formatting. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda
, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu web, sehingga akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, yang pada akhirnya dapat memangkas waktu pembuatan web. 

Fungsi CSS

Fungsi utama dari CSS adalah merancang, merubah, mendesain, membentuk halaman website dan dapat merubah tag-tag html (yang sederhana) sehingga menjadi lebih fungsional dan menarik. Dengan kata lain, berfungsi untuk mempercantik/memperindah tampilan website agar terlihat menarik

Semoga bermanfaat!
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment