Sejarah dan Pengertian Bahasa Pemrograman JAVA



Hasil gambar untuk pengertian java oracle


Pengertian JAVA

Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.
Bahasa Pemrograman Java ini berorientasi objek (OOP-Object Oriented Programming), dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi (dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam). Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Java dikenal pula dengan slogannya,  “Write once, run anywhere”. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didesign untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin.

Jadi, yang dimaksud dengan Java adalah bahasa pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi, desktop, web, mobile dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain.

Sejarah JAVA

Pada 1991, sekelompok insinyur Sun, Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling. Java sendiri dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari perusahaan Sun Microsystems, Inc yang merupakan bagian dari Oracle, ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer. Proyek diberi nama kode "Green".Niklaus Wirth, pencipta bahasa pascal merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code. Mesin ini sering disebut mesin maya (virtual machine).

Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).

Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.

Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Karena orang-orang diproyek "Green" berbasis C++ dan bukan pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta menghadapi orientasi objek dan bukan prosedural.
Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama "Oak" oleh James Gosling yang terinspirasi dari sebuah pohon yang berada diseberang kantornya, namun karena nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, kemudian Sun menggantinya dengan JAVA. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi disebuah kedai kopi dan kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asal biji kopi. Akhirnya mereka sepakat memberikan nama bahasa pemrograman itu dengan nama JAVA.

Semoga bermanfaat!
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment